Saturday, December 4, 2010

Rapunzel - Putri Rambut Panjang Yang Ajaib

Disney kembali lagi kecerita klasiknya tentang kisah pilu putri cantik. Kali ini berjudul RAPUNZEL atau dalam rilis internasionalnya berjudul TANGLED. Kisah ini diangkat dari dongeng klasik Jerman, yang sekaligus menjadi cerita dongeng klasik terakhir yang diangkat Disney kelayar lebar.

Rapunzel diawali dari sebuah narasi yang disuarakan Flynn Rider. Alkisah, disebuah kerajaan, seorang ratu akan segera melahirkan anak perempuannya. Namun, kondisi sang ratu sangat mengkhawatirkan hingga butuh keajaiban.

Adalah tanaman ajaib yang merupakan "reinkarnasi" dari sinar matahari, yang bisa menyelamatkan sang Ratu. Dengan cekatan, para prajurit berhasil menemukan tanaman ini dan menyembuhkan sang Ratu. Ratu pun akhirnya bisa melahirkan anak perempuan cantik dengan rambut pirang yang menakjubkan.

Warna pirangnya persis seperti matahari yang bersinar. Tak ada yang menyangka kalau rambut pirang ini memiliki kekuatan menyembuhkan yang luar biasa, termasuk membuat siapa pun bisa awet muda. Tapi, nanti dulu, ternyata seorang nenek sihir bernama Gothe (Donna Murphy) mengetahui keajaiban rambut RAPUNZEL. Si nenek kejam ini lantas menculik bayi perempuan yang diberi nama Rapunzel itu, dan membesarkannya seorang diri di sebuah menara yang sangat tinggi, terpencil ditengah hutan yang nyaris perawan.

18 tahun berlalu, Rapunzel (disuarakan Mandy Moore) tumbuh menjadi gadis yang cantik. Rambutnya sangat panjang hingga bermeter-meter, Sayangnya, si nenek mendogma Rapunzel bahwa dunia luar itu jahat dan Rapunzel tak akan bisa bertahan hidup diluar menara. Padahal, itu hanya akal bulus si nenek sihir, agar tetap bisa memanfaatkan rambut Rapunzel yang mampu membuatnya tetap awet muda.

Namun Ratusan lentera yang terbang di setiap hari ulang tahun Rapunzel, yang dilihatnya dari jendela menaranya, menarik perhatian gadis cantik ini dan membuatnya berpikir untuk keluar dari menara dan melihat dunia luar.

Layaknya dongeng seorang putri, cerita Rapunzel sangat mudah ditebak. Putri yang hilang ini nantinya diselamatkan oleh seorang pria tampan, bertemu kembali dengan keluarganya, dan akhirnya menikah dengan si pria tampan dan hidup bahagia selamanya. Tentu saja, akan ada hewan-hewan lucu yang akan bertugas membuat penonton tertawa terbahak-bahak karena ulah konyolnya.

Meski ceritanya klasik, Rapunzel tetap menyenangkan untuk ditonton. Nyanyian yang merdu disana-sini, gaya Rapunzel membelit-belitkan rambut pirang panjangnya untuk membersihkan rumah, mengangkat Gothel dari bawah menara yang jaraknya bermeter-meter, sampai dipakai untuk berkelahi, film dongeng ini sangat menghibur.

Tags: Rapunzel, rambut pirang ajaib, TANGLED tale, film, dongeng,

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...